Dukungan Penulis "BOOKS FOR THE BLIND"

Posted by ferisulianta on 2:54 AM
Penulis (Feri Sulianta) sangat mendukung serta menyetujui agar karya penulis disertakan dalam proyek "BOOKS FOR THE BLIND"  Sedemikian sehingga, beberapa karya penulis akan diterjemahkan dalam bentuk huruf Braille.

Elex Media Komputindo bekerja sama dengan Goodreads Indonesia & Yayasan Mitra Netra menyelenggarakan BOOK FOR the BLIND


Apa itu Books for the Blind? Kegiatan pengetikan kembali naskah buku yang akan dikonversikan dalam bentuk huruf Braille. Selain pengetikan, kami juga akan memberikan naskah-naskah terbitan Elex Media Komputindo dalam bentuk soft file untuk dicetak dengan huruf Braille.


Undang-undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta


Mengonversikan naskah dalam bentuk huruf Braille tidak termasuk pelanggaran hak cipta menurut poin d dan e Pasal 15 Undang-Undang No. 19 tahun 2002. Pasal tersebut menyebutkan, "Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta: d) Perbanyakan suatu ciptaan bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra dalam huruf braille guna keperluan para tunanetra, kecuali jika perbanyakan itu bersifat komersial; e) Perbanyakan suatu ciptaan selain program komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apa pun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan dan pusat dokumentasi yang non komersial, semata-mata untuk keperluan aktivitasnya".
    Jika merujuk ke dua poin dalam pasal 15 tersebut, produksi buku untuk tunanetra baik dalam bentuk buku audio, buku Braille, maupun buku elektronik yang dilakukan oleh Yayasan Mitra Netra bukanlah merupakan pelanggaran hak cipta, karena:
  • Menyebutkan secara lengkap sumbernya
  • Digunakan khusus untuk kepentingan para tunanetra, guna memberikan kesempatan yang sama melalui kesetaraan perlakuan kepada mereka dalam mengakses buku
  • Tidak dikomersialkan
  • Tunanetra mengakses buku tersebut melalui layanan perpustakaan yang merupakan lembaga yang menyediakan layanan data dan informasi non komersial.
 Info lebih lanjut klik di sini