MENGAPA OTOT PRIA JAUH LEBIH BESAR DARIPADA WANITA

Posted by ferisulianta on 4:18 AM


Pertanyaan seperti, mengapa pria dapat mengembangkan massa otot lebih dari perempuan kerap kali didengar dalam berbagai tips olahraga dan majalah kesehatan, dan jika diselidiki lebih lanjut hal ini dikarenakan perbedaannya ada dalam proses tubuh yang membangun otot.

Testosteron Pada Pria  

Pria memiliki lebih banyak testosteron, hal ini menjelaskan bahwa pria mampu mengembangkan otot yang lebih besar daripada wanita. Sedangkan wanita hanya memiliki kadar testosteron 5-10% dibandingkan laki-laki.
Menurut sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan di American Physiology Society, otot rangka pada laki-laki menghasilkan output kekuatan yang lebih tinggi dan lebih cepat dibandingkan dengan otot rangka perempuan. Lebih lanjut hal ini membuat pria lebih efisien dalam menghasilkan tenaga dibandingkan wanita. Pria juga melepaskan testosteron, yang sangat penting dalam membangun otot. Hal ini sudah cukup menjelaskan mengapa pria mengembangkan otot yang lebih besar daripada wanita .

Perbedaan Struktur  Otot

Apakah ada perbedaan antara otot  laki-laki dengan otot wanita? Ya, sangat banyak perbedaannya, saah satunya yakni pria memiliki serat otot berkedut lebih cepat yang membuat mereka lebih kuat .
Meskipun jaringan otot pria dan wanita adalah sama, tetapi serat otot manusia umumnya berbeda, tergantung pada gender, genetika dan kegiatan rutin mereka. Pria biasanya memiliki serat otot berkedut lebih cepat dibandingkan dengan wanita, hal ini  juga menjadi faktor yang membuat  laki-laki lebih kuat dari pada wanita.