Mempelajari Teh – Teh Oolong

Posted by ferisulianta on 1:00 AM

Posted on 14 November 2012 by Feri




Asal Teh – Nama Teh
Istilah dlm Bhs Inggris
Istilah dlm Bhs Indonesia
An Xi – Tie Guan Yin/ Tieh Kwan Yin
Iron Guan Yin (goddess of mercifulness)
Dewi Welas Asih
Wu Yi – Da Hong Pao
Big Red Robe
Jubah Besar Merah
Song Zhong Dan Cong
SONG Species Lone Bush
Nyanyian semak kesepian
Feng Huang – Shui Xian
Water Fairy
Peri Air
Yong Chun – Fo Shou
Buddha’s Hand
Tangan Budha


Teh Oolong disebut “Qing Cha” (grass tea) dapat diposisikan diantara teh hijau dan teh hitam karena pada dasarnya membuatannya melalui fermentasi sebagian, dengan demikian rasa teh Oolong mirip dengan teh hitam dan memiliki manfaat seperti teh hijau. Teh ini cukup populer di Cina bagian Tenggara dan Taiwan. 

Teh Oolong kerap kali digunakan dalam Ritual Kung Fu Cha

Ciri dari Daun Teh Oolong, ditandai dengan warna hijau ditengah dan merah disisi – sisinya sebagai hasil proses melunakkan daun teh.


Daun Teh Oolong dibuat layu dan dihamparkan sebelum menjalani proses fermentasi ringkas, setelahnya Teh di sangrai (fried), di gulung (di gelinding/rolled), dan dipanggang (roasted).

Aroma Teh Oolong bervariasi mulai dari yang beraroma ringan sampai medium. Pemula hendaknya meminum Teh Oolong ringan s.d Medium saja,karena teh Oolong cukup kuat efeknya.


Oolong bermanfaat dalam mengemulsi lemak dan kolesterol. Apalagi dewasa ini kita selalu dihadapkan dengan makanan dengan kadar lemak yang berlebih, setelahnya teh Oolong dapat membantu mereduksi konsumsi makanan yang terbilang junk food ini, meskipun demikian tidaklah baik meminumnya dalam keadaan perut kosong.


Teh Oolong dengan kuliatas terbaik, diproduksi di dunia Cina, Taiwan dan India.




Creative Commons License
Based on a work at www.ferisulianta.com.