Hati-Hati dengan Instagram Palsu

Posted by ferisulianta on 5:29 PM

Posted on 13 February 2013 by Feri


Banyak trojan yang berkamuflase seperti program yang berguna, menarik, dan juga gratis, tetapi bergitu terinstal dan dijalankan pada gadget Anda, aksinya justru berbeda. Salah satu contoh yang menjadi perbincangan bayak orang adalah trojan yang berkamuflase sebagai Instagram.

Awalnya instagram difungsikan untuk menampilkan gambar secara instan, termasuk pula bagaimana gambar diterima dengan cepat. Karena daya tarik inilah banyak orang yang menggunakan apliasi instagram, dan banyaknya orang yang menggunakan instagram terendus oleh para hacker untuk mendapatkan keuntungan. Caranya? Mereka membuat aplikasi instagram palsu, mereka membuat situs palsu, salah satunya adalah contoh dari instagram versi Rusia. Seperti dicontohkan pada gambar berikut ini.


Oleh Sophos, instagram palsu ini dideteksi sebagai trojan Andr/Boxer-F atau Android.Trojan.FakeInst.M atau nama lainnya adalah HEUR:Trojan-SMS.AndroidOS.FakeInst.a.


Identifikasi Instagram palsu oleh Sophos security corp

Cara aman untuk menanggulangi hal demikian adalah mengakses instagram dari situs Google Play.
Sumber: buku Amankan Gadget Android Anda dari Tangan Jahil Penulis: Fajri R Umbara & Feri Sulianta Penerbit: Elex Media Komputindo. Oleh : yoevestian