PERBEDAAN KOMPOSISI DARAH PADA PRIA DAN WANITA

Posted by ferisulianta on 4:29 AM


Tahukah Anda fakta tentang darah? Terdapat perbedaan antara karakteristik darah pada pria dan wanita. Sel darah merah atau eritrosit  (berasal dari Bahasa Yunani yaitu erythros berarti merah dan kytos yang berarti selubung), adalah jenis sel darah yang paling banyak dan berfungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh. Sel darah merah aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan. Kadar eristrosit pada Pria  berkisar: 4,6 – 6,2 jt/mm3, dan pada Wanita berkisar: 4,2 – 5,4 jt/mm3. Sedang Haemoglobin adalah molekul di dalam eritrosit  atau sel darah merah,  dan bertugas untuk mengangkut oksigen. Sedangkan kualitas darah dan warna merah pada darah ditentukan oleh  kadar Hemoglobin.

Dalam kasus ini, kadar haemoglobin pada pria dan wanita sangat berbeda yakni: pada Pria berkisar: 14-18 gr/dL,  sedangkan Wanita berkisar: 12-16 gr/dL.
Salah satu perbedaan inilah yang membuat para pria dapat berlari lebih kencang, melakukan pembakaran untuk menghasilkan energi lebih cepat dan bekerja lebih keras , termasuk pula mampu bertahan di dalam air jauh lebih lama terlebih  paru-paru pria lebih besar dari wanita.