KECENDERUNGAN MINAT TERHADAP WARNA TERELASI DENGAN GENDER DAN GEN (buku: Awaken The Giant)

Laki-laki memilih warna biru dibandingkan warna merah muda untuk menegaskan identitas gendernya demikian pula bagi wanita yang memilih warna merah muda untuk menegaskan identitas gender, yang kemudian diterima secara luas bahwa merah muda merefleksikan sifat feminin dari wanita dan biru merefleksikan sifat maskulin pria. 

Pilihan seseorang terhadap warna bisa saja berubah jika ada warna-warna lain yang dipadankan, misalnya jika warna biru diperbandingkan dengan warna lain yakni hitam, secara umum laki-laki akan memilih warna hitam dibanding warna biru untuk menegaskan identitasnya, yakni kepribadiannya yang notabene maskulin.

Lebih lanjut lagi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Neuroscientist, Anya C. Hurlbert dan Yazhu Ling dari Newcastle University, mengungkapkan bahwasannya, pilihan terhadap warna terpaut secara genetik dan bukan hanya sekedar aspek kebudayaan. Hasil eksperimen membuktikan bahwa laki-laki lebih memilih warna biru sedangkan wanita memilih warna merah muda yakni spektrum warna kemerahan yang menjauh dari warna biru. Hal ini terjadi secara alamiah tanpa dikonstruksi secara sosial.

Meskipun banyak fakta yang menyatakan bahwa pria dan wanita sangat berbeda dari banyak aspek mental dan fisik, bahkan perihal pilihan warna, tetapi saat ini kerap kali disangkal dengan melakukan konstruksi sosial dengan paksa terhadap wanita, yang justru berimbas pada ketimpangan, ketidakadilan dan dalam jangka lama justru merugikan wanita itu sendiri.

Sumber:
·      Anya C. Hurlbertemail & Yazhu Ling. Biological components of sex differences in color preference. Current Biology. Volume 17, Issue 16, pR623–R625, 21 August 2007.

KECENDERUNGAN MINAT TERHADAP WARNA TERELASI DENGAN GENDER DAN GEN (buku: Awaken The Giant) KECENDERUNGAN MINAT TERHADAP WARNA TERELASI DENGAN GENDER DAN GEN (buku: Awaken The Giant) Reviewed by ferisulianta on 6:31 PM Rating: 5

Gallery

Powered by Blogger.